/JALAN JALAN ke NAGEKEO: GARAM TERBAIK di INDONESIA

Topik Search

All about Nagekeo, Masyarakat Nagekeo, Pemda Nagekeo, Kesenian dan Kebudayaan Nagekeo, Pariwisata Nagekeo, Potensi Daerah Nagekeo, serta Ilmu Pengetahuan Umum dan Teknologi

Senin, 18 Februari 2013

GARAM TERBAIK di INDONESIA

Kadar Garam Nagekeo melebihi Madura
Garam Nagekeo
Mengenal daerah penghasil garam terbaik di Indonesia. Garam atau dalam bahasa Inggrisnya Salt  merupakan salah satu kebutuhan yang telah digunakan manusia sejak jaman dahulu dan tidak dapat terpisahkan lagi. Berbicara mengenai manfaat dari garam akan sangat banyak sekali tentunya. Tetapi tahukah anda daerah sumber penghasil garam terbaik di indonesia? Semua pasti akan menyebut Madura sebagai penghasil garam terbaik.

Namun sudah tahukah anda, saat ini selain Madura ternyata ada daerah lain sebagai penghasil garam terbaik di Indonesia dan mempunyai potensi pengembangan garam berkualitas tinggi?? Masaaaa seh??? dmana tuh??? Hal ini bukan tanpa alasan karena telah melalui berbagai lembaga kajian.

Berdasarkan Kajian Universitas Indonesia dan Kajian Universitas Hasanudin Makasar, kadar garam terbaik di Indonesia dengan perbandingan 50 gr/1 liter air laut bahkan lebih tinggi dari Madura ada di Kabupaten Nagekeo. Dengan iklim yang mendukung untuk pengembangan tambak garam  yaitu 8 sampai 9 bulan musim kering dan curah hujan rendah. Kabupaten Nagekeo berada di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Atau biar lebih kenal lagi, Kabupaten Nagekeo berada sebelah Timur dari Pulau Komodo yang terkenal itu dan sebelah Barat dari Danau Kelimutu (danau tiga warna yang terkenal), biar teman teman ada gambaran yah :D

Kabupaten Nagekeo mempunyai lahan potensial pengolahan tambak garam mencapai 2.283 ha, yang tersebar di beberapa wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Aesesa dan Kecamatan Wolowae.
Lahan potensial pengembangan garam di Kecamatan Aesesa sendiri terdapat di Desa Maropokot, Nggolonio, Mbay ll, Tonggurambang, Nangadhero dan Aeramo.
Sedangkan di Kecamatan Wolowae terdapat di Desa Anakoli, Tendakinde dan Totomala.

Semoga bermanfaat dan dapat menjadi acuan bagi yang berminat untuk berinvestasi di Kabupaten Nagekeo.

Sumber :
Badan Koordinasi Penanaman Modal NTT.
Posting Komentar

Google+ Followers