/JALAN JALAN ke NAGEKEO: MANFAAT dan KEGUNAAN GARAM

Topik Search

All about Nagekeo, Masyarakat Nagekeo, Pemda Nagekeo, Kesenian dan Kebudayaan Nagekeo, Pariwisata Nagekeo, Potensi Daerah Nagekeo, serta Ilmu Pengetahuan Umum dan Teknologi

Senin, 18 Februari 2013

MANFAAT dan KEGUNAAN GARAM

Manfaat Garam Untuk Kecantikan
Manfaat dan Kegunaan Lain Garam
Ternyata garam memiliki berbagai macam manfaat dan kegunaan selain digunakan sebagai bumbu masakan. Garam bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit dan muka (bacaan wajib cewek cewek neh :D).
Menurut Institut Salt, garam memiliki lebih dari 14.000 kegunaan dan manfaat yang sudah diketahui. Orang Amerika sepanjang hidup mereka masing-masing mengkonsumsi lebih dari 16 ton garam. Tetapi itu hanya sebagian dari jumlah yang dicerna. Sedangkan bagian terbesarnya adalah untuk mencairkan gundukan salju saat musim dingin. Selain itu juga garam bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga lainnya, dan masih banyak lagi.

Berbagai macam manfaat dan kegunaan dari garam selain sebagai bumbu dapur adalah sebagai berikut :
  • Sebagai Pembersih Wajah, Caranya campurlah 1 sdt garam dan 1 sdt minyak zaitun dalam mangkuk kecil. Setelah itu gunakan campuran garam dan minyak zaitun tadi sebagai pembersih dengan memijatnya dengan lembut didaerah sekitar wajah dan leher. Garam berfungsi sebagai pembersih untuk mengangkat make up dan kotoran tebal pada wajah. Setelah itu cucilah wajah dengan sabun cuci muka, dan bilas hingga bersih.
  • Untuk Merawat kulit berminyak, Isilah botol spray kecil dengan air hangat dan tambahkan 1 sendok teh garam. Setelah itu semprotkanlah pada wajah, keringkanlah dengan cara menepuk-nepuk dengan handuk. Garam bermanfaat mengurangi minyak pada wajah kita.
  • Untuk Mata Lelah, Caranya larutkanlah 1/4 sdt garam dengan 1/2 liter air hangat, dan basuhkanlah larutan air garam tadi pada mata yang lelah. Jika sahabat ingin menghilangakn gembung pada mata, larutkanlah 1 sdt garam dengan 1 liter air hangat, dan celupkanlah kapas pada mata sahabat sambil berbaring dengan rileks.
  • Sebagai Eksfoliator (pengelupasan kulit luar), Sehabis mandi dan pada saat kulit sahabat masih dalam keadaan basah, ambillah segenggam garam dan gosokkan secara lembut dan perlahan pada seluruh kulit tubuh. Manfaatnya akan meluruhkan sel kulit mati dan membuat kulit sahabat terasa halus dan lembut.
  • Sebagai bahan poles, dengan mencampurkan garam dan cuka menjadi sebuah adonan kental, maka ia dapat dipakai untuk menggosok dan membuat kilap benda dari perak dan tembaga. Gunakan sehelai kain lembut untuk penggunaannya dan gosokkan, lalu bilas bersih dengan air, kemudian keringkan.
  • Sebagai Pembersih, Ini adalah sesuatu yang saya pe-lajari selama bekerja di supermarket saat masih muda. Untuk tumpahan minyak dan telur, tutupi area yang terkena noda dengan garam, maka akan menjadi lebih mudah untuk mengangkat noda tersebut.
  • Sebagai pembersih pipa saluran, garam dan air panas dalam jumlah yang sebanding yang kita tuang ke dalam saluran pipa akan dapat membantu menghilangkan bau tak sedap dan dapat membantu melarutkan minyak, juga membantu memperpanjang usia pipa.
  • Untuk Menggosok periuk dan panci, tuangkan garam kasar ke atas perlengkapan masak berminyak sebelum penggosokan untuk membantu menghilangkan lemak-lemak yang menempel.
  • Menghilangkan noda teh dan noda kopi, untuk menyingkirkan noda teh dan kopi pada cangkir dan karaf anggur ( sejenis bejana untuk minuman anggur ), taburkan garam ke atas sponge dan usapkan dengan gerakan berputar-putar pada waktu menggosok noda yang menempel.
  • Mensterilkan spons, Spons pembersih yang biasanya digunakan untuk keperluan dapur adalah tempat perkembangbiakan yang sempurna bagi berbagai macam bakteri jahat. Dengan merendam spons ke dalam larutan garam kadar tinggi, dapat membantu membasmi bakteri-bakteri tersebut.
  • Penakluk serangga, tuangkan garam pada tempat-tempat dimana semut sering berkerumun, dengan cara searah garis untuk mencegah semut-semut tersebut lewat.
  • Cara paling bersahabat untuk membasmi gulma (tanaman liar), campuran garam dan air panas dengan perbandingan 1 : 3 dapat dituang secara langsung ke atas gulma untuk membasmi mereka.
  • Pencuci mulut dan obat kumur, larutkan sekitar seperempat sendok teh garam ke dalam setengah sendok makan air hangat. Ratakan ke seputar mulut anda lalu kumur-kumur. Saya juga telah merasakan manfaatnya, ini benar-benar membantu ketika berhadapan dengan sakit gigi.
  • Menghilangkan aroma papan potong yang tidak sedap,  usapkan garam pada area papan potong Anda yang beraroma tidak sedap biarkan sebentar lalu bilas, papan potong Anda akan menjadi berbau segar dan menjadi bebas bakteri!
  • Sebagai pemadam kebakaran, simpan sekotak garam sedekat mungkin sebagai alat pemadam api pada saat keadaan darurat untuk memadamkan kebakaran akibat minyak. Tetapi ia tidak boleh menggantikan alat pemadam api yang sesungguhnya, hanya untuk menjadi cadangan yang baik.
  • Pembersih setrika, berkali-kali setrika besi mengangkat sedikit demi sedikit kotoran yang mengakibatkan mereka menempel ketika Anda menggosok pakaian Anda. Untuk menghilangkan segala macam kotoran tersebut, taburkan garam ke atas selembar kertas dan lalu disetrika di atasnya dan bersihkan alas setrika dengan sehelai kain lembab ketika sudah tidak panas.
  • Sebagai pencegah terbentuknya noda pada cerobong, jika Anda menggunakan pembakaran kayu untuk kompor atau tungku pemanas, jelaga dan cairan ter kayu akan terbentuk pada cerobong asap, hal ini telah mengurangi estetika dan juga dapat meningkatkan risiko kebakaran pada cerobong asap. Segenggam garam yang dilemparkan ke atas nyala api adakalanya dapat membantu menghilangkan jelaga (noda hitam).
  • Untuk Mengawetkan Susu, berikut tips menarik yang saya temui beberapa kali—dengan menambahkan sejumput garam pada susu, akan membuat susu lebih awet disimpan untuk waktu yang lebih lama tanpa mengubah rasa!
Cukup banyak manfaat dan kegunaan garam bagi kita, manfaatkanlah dengan baik.
Baca juga Daerah Penghasil Garam Terbaik di Indonesia selain Madura.

sumber : 
dirangkum dari berbagai sumber dan

Posting Komentar

Google+ Followers